Motif Tai Ganja, Motif Sakral

tenundonggala.id,Palu – Indonesia kaya akan wastra Nusantara, salah satu di antaranya ialah motif Tai ganja,Motif ini sekarang lagi di populerkan oleh pemda Kab.Sigi Sulawesi Tengah,motif yang merupakan lambang dari kesuburan, kemakmmuran dan mengusir kejahatan.

Belum banyak yang tau apa makna di balik motif tai ganja ini,Meski sudah sering dipakai sebagai pakaian sehari-hari, tak semua orang memahami arti di balik motif yang dikenakannya. Padahal, hal itu seharusnya menjadi hal pertama yang dilakukan ketika seseorang mengenakan kain tenun atau batik.Harus mengerti dulu motifnya. Kita itu sekarang kebiasaan melihat visualnya saja. Tapi enggak pernah mengerti apa arti dan makna dari motif yang kita pilih.

Taiganja merupakan mas kawin untuk para wanita didaerah sulawesi tengah. Kata Taiganja berasal dari bahasa Kaili yang terdiri dari dua kata,yaitu Tai = perut dan Ganja = rupa atau bentuk, dengan demikian dapat diartikan lepas sebagai benda yang menyerupai perut. Istilah perut disini dapat berarti kiasan yang maksudnya alat kelamin dan dapat pula sebagai hati yang menyangkut perasaan. Penggambaran wujud Taiganja secara keseluruhan merupakan manifestasi bentuk manusia atau lambang pemiliknya.

Di Ranah Kaili (sebutan untuk Tanah Kaili), Taiganja juga digunakan sebagai “Mahar” dalam sebuah pernikahan, serta simbol-simbol dalam ritual adat-istiadat. Taiganja juga melambangkan status pemiliknya, yang diperoleh dengan suatu prosedur adat dan generatif yang tertentu saja. Dengan demikian, kepemilikan Taiganja tidak hanya berdasarkan kemampuan memperoleh secara finansial, tetapi juga dengan kewenangan adat dan generatif yang dimilikinya.(museum Sulawesi Tengah)

Nah,dengan mengetahui makna dari motif tai ganja ini apakah anda masih mau memilihnya sebagi motif di busana anda?anda sendiri yang punya keputusan.(Imam Basuki )

Baca juga:  Seminar Akhir
Kajian dan Penyusunan Roadmap kawasan Ekonomi kreatif dan Religi
Bagikan Artikel Ini